Address Resolution Protocol (ARP)

Address Resolution Protocol (ARP)

    Address Resolution Protocol (ARP) adalah protocol yang bertugas untuk mencari tahu alamat hardware atau Mac Address dari sebuah host yang tergabung dalam sebuah jaringan LAN dengan menggunakan atau berdasarkan alamat IP address dari host tersebut. Seperti apa dan bagaimana peran protocol ARP yang ditugaskan untuk memanfaatkan informasi IP address untuk  mengetahui  mac address dari sebuah komputer host yang ada  pada jaringan?  Pastikan anda tidak melewatkan tulisan ini.

Berikut adalah hal-hal yang melukiskan betapa vitalnya peran protocol ARP:
  1.  Peranan protocol ARP dalam networking sangat penting,  setiap komputer yang tergabung dalam jaringan komputer local atau LAN, berkomunikasi menggunakan alamat hardware atau Mac Address dan bukan menggunakan alamat IP address.
  2. Karena menggunakan alamat Mac address maka sebuah komputer yang ingin berkomunikasi dengan komputer lain harus mengetahui alamat mac address dari komputer tujuannya.
  3. Dari mana sebuah komputer mengetahui alamat mac address dari komputer tujuan. Dalam tahapan proses transfer data, sebelum sebuah data diberi alamat mac address  maka data tersebut diberi alamat logis berupa IP Address, alamat IP address yang ditambahkan merupakan alamat IP address dari komputer tujuan dan komputer pengirim.
  4. Proses berikutnya adalah menentukan alamat hardware atau mac address dari komputer tujuan. Jika komputer tersebut tidak mengetahui alamat tujuannya maka harus dicari tahu. Dengan memanfaatkan atau berdasarkan alamat IP address komputer tujuan maka komputer pengirim melakukan proses pencarian dengan  menugaskan protocol ARP. 

Fungsi ARP :

Fungsinya ARP adalah untuk meningkatkan keamanan. Dalam mikrotik, masukan ARP bisa didapat secara dynamic. Namun untuk meningkatkan keamanan, kita dapat memasukkan ARP static secara manual. Dengan hanya membolehkan sebuah router me-reply hanya untuk masukan ARP static pada tabel ARP, maka akan membatasi akses ke router dan jaringan di belakang router, yang hanya untuk IP address atau mac address dengan kombinasi.


Cara kerja dari protocol ARP adalah sebagai berikut:


  1. Langkah pertama yang dilakukan oleh protocol ARP adalah mengirimkan sebuah pesan  yang sifatnya broadcast, isi pesan broadcast ini adalah permintaan  alamat mac address atau alamat hardware dari  berdasarkan IP address dari sebuah host, pesan permintaan ini ditujukan kepada semua komputer atau host yang ada di LAN. 
  2. Dalam pesan permintaan dari protocol ARP berisikan:  alamat mac address dari pengirim, alamat IP address dari pengirim, alamat mac address untuk broadcast address( FF:FF:FF:FF:FF:FF) dan IP address dari komputer tujuan.
  3. Ketika pesan ARP yang sifatnya broadcast itu sampai atau diterima oleh komputer tujuan maka komputer tujuan akan membalas pesan tersebut dengan pesan balasan yang berisikan alamat mac address yang sesuai dengan IP Address yang diminta.

Sebagai kesimpulan, protocol ARP bertindak seperti detektif yang menemui setiap komputer yang ada di LAN dan menanyai apa alamat Mac Address dari IP address yang dimaksud. Secara umum bisa dikatakan bahwa protocol ARP bertugas untuk menerjemahkan alamat IP address atau alamat logis menjadi alamat fisik atau Mac Address.
contoh isi pesan permintaan oleh protocol ARP :

Flags: 0x00

Status: 0x00

Packet Length: 64
Timestamp: 09:17:29.574000 12/06/03
Ethernet Header
Destination: FF:FF:FF:FF:FF:FF Ethernet Broadcast
Source: 00:A0:24:48:60:A5
Protocol Type: 0x0806 IP ARP
ARP – Address Resolution Protocol
Hardware: 1 Ethernet (10Mb)
Protocol: 0x0800 IP
Hardware Address Length: 6
Protocol Address Length: 4
Operation: 1 ARP Request
Sender Hardware Address: 00:A0:24:48:60:A5
Sender Internet Address: 172.16.10.3
Target Hardware Address: 00:00:00:00:00:00 (ignored)
Target Internet Address: 172.16.10.10
Extra bytes (Padding):
……………. 0A 0A 0A 0A 0A 0A 0A 0A 0A 0A 0A 0A 0A
0A 0A 0A 0A 0A
Frame Check Sequence: 0x00000000



Berikut Video penjelasan mengenai ARP :

Sumber :
  • Niko.2015.Fungsi dan peran protocol ARP dalam jaringan komputer.Jakarta
  • http://norisanto.com/apa-fungsi-peran-protocol-arp-dalam-networking/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Reverse Address Resolution Protocol (RARP)

Internet Control Message Protocol (ICMP)

Standarisasi Jaringan Wireless IEEE