Post Office Protocol ( POP )

Post Office Protocol ( POP )

1. Pengertian Post Office Protocol ( POP )

      POP (Post Office Protocol) adalah internet protocol yang menetapkan server email dan bagaimana cara untuk men-download email. Email yang masuk disimpan di server POP3 sampai Anda melakukan login dan men-download email-email melalui ISP (Internet Service Provider) di komputer Anda. Protocol POP telah dikembangkan menjadi beberapa versi, saat ini versi POP3 digunakan untuk layanan webmail seperti Gmail dan Yahoo.
         Sedangkan IMAP (Internet Message Access Protocol) juga merupakan internet protocol untuk membuka email, namun memiliki keunggulan lebih dari pada POP yakni memungkinkan email disimpan dalam beberapa folder, mendukung sharing folder dan menangani mail online dimana pesan email tidak perlu disimpan pada komputer Anda. Saat Anda menggunakan IMAP4, klien-klien dapat terus terhubung dengan mail server selama pengguna tetap aktif dalam mengambil pesan sesuai dengan yang diminta. Bahkan IMAP4 dapat merespon lebih cepat bagi para pengguna yang memiliki email dalam kapasitas besar. Anda juga dapat mengakses account email Anda dari berbagai lokasi, komputer dan email klien. Saat ini versi yang digunakan adalah IMAP4.
        POP3 dan IMAP4 adalah internet protocol yang sudah digunakan oleh hampir semua modern e-mail. Perbedaan yang terlihat seperti contoh, dalam protocol IMAP4, Anda dapat melacak status pesan apakah dalam status telah dibaca, dijawab atau dihapus bahkan mendeteksi perubahan status yang dilakukan oleh klien lain. Sedangkan POP3 tidak menyediakan akses penyimpanan informasi status tersebut pada server.


2. Fungsi dari POP3

Nah, seperti sudah dijelasakan sebelumnya, POP3 adalah sebuah protocol internet yang digunakan untuk mengakses email atau surat elektronik yang masuk ke dalam email client. Fungsi utama dari POP3 ini adalah untuk menyimpan sementara email yang terkirim di dalam sebuah email server, dan kemudian meneruskannya ke dalam email client, dimana baru akan terespon ketika email tersebut sudah dibuka oleh user yang berhak (dalam hal ni adalah mereka yang memegang username dan juga password dari alamat email).
POP3 adalah protocol email yang digunakan pada berbagai macam email client, mulai dari aplikasi email pada desktop, seperti Microsoft outlook, hingga aplikasi email pada smartphone, misalnya Gmail, Ymail, dan sebagainya.

Dengan adanya protocol POP3 pada email client ini, maka setiap surat atau email yang sudah terttampung ke dalam email server akan dimunculkan di dalam email client dan akan dibuka ketika user memiliki hak akses atas surat atau email tersebut.

Sumber :
  • https://www.google.com/amp/s/dosenit.com/jaringan-komputer/teknologi-jaringan/pengertian-pop3/amp
  • https://www.webarq.com/id/pop-post-office-protocol-imap-internet-message-access-protocol.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Reverse Address Resolution Protocol (RARP)

Standarisasi Jaringan Wireless IEEE

Internet Control Message Protocol (ICMP)