Reverse Address Resolution Protocol (RARP)

Reverse Address Resolution Protocol (RARP)


1. Pengertian Reverse Address Resolution Protocol (RARP)

      Acronym RARP adalah singkatan dari Reverse Address Resolution Protocol dan memiliki definisi protokol jaringan pemrograman komputer yang telah usang namun digunakan untuk meminta alamat IP dari jaringan peralatan seperti yang diminta oleh klien. Ini tidak memiliki banyak informasi dan karena itu memerlukan alamat MAC untuk membantu lapisan link dan alamat perangkat keras. RARP adalah konvensi dimana mesin fisik di lingkungan dapat meminta untuk menerima alamat IP dari tabel ARP server atau cadangan.


        Seorang manajer sistem membuat sebuah tabel di bagian saklar area yang memetakan mesin fisik yang juga disebut Lokasi Kontrol Akses Media atau alamat MAC untuk membandingkan alamat Protokol Internet. Pada saat perangkat lain dipasang, tuntutan pelanggan RARP-nya dari server RARP saat beralih untuk mengirim alamat IP-nya. Mengharapkan bahwa sebuah bagian akan tercipta di meja switch, server RARP akan mengembalikan IP ke mesin yang dapat menyimpannya untuk beberapa waktu kemudian. RARP membutuhkan setidaknya satu host server untuk mengikuti database pemetaan lokasi Link Layer ke alamat konvensi masing-masing. Pelanggan mengkomunikasikan permintaan dan tidak memerlukan informasi lebih awal tentang topologi sistem atau karakter server yang dilengkapi untuk memuaskan kebutuhannya. RARP digambarkan dalam distribusi IETF. Telah dibuat tua oleh Protokol Bootstrap dan Protokol Konfigurasi Host Host dinamis, yang keduanya mendukung daftar kemampuan yang jauh lebih penting daripada RARP.

     Jadi RARP digunakan oleh komputer yang tidak mempunyai nomor IP. Pada saat komputer dihidupkan, maka komputer melakukan broadcast ke seluruh jaringan untuk menanyakan apakah ada server yang dapat memberikan nomor IP untuk komputer tersebut. Server yang dapat memberikan nomor IP secara otomatis disebut DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol). Paket broadcast tersebut dikirim beserta dengan MAC-Address dari pengirim. Server DHCP yang mendengar request tersebut akan menjawabnya dengan memberikan nomor IP dan waktu pinjam (lease time). Bila waktu pinjam habis atau komputer dimatikan, maka nomor IP tersebut akan diambil kembali oleh DHCP Server dan akan diberikan kepada komputer yang membutuhkan.



2. Cara kerja RARP 
sumber gambar :feriantano.com

     terjadi pada saat mesin seperti komputer atau router yang baru bergabung dalam jaringan lokal, kebanyakan tipe mesin yang menerapkan RARP adalah mesin yang diskless, atau tidak mempunyai aplikasi program dalam disk. RARP kemudian memberikan request secara broadcast di jaringan lokal. Mesin yang lain pada jaringan lokal yang mengetahui semua seluruh alamat IP akan akan meresponsnya dengan RARP reply secara unicast. Sebagai catatan, mesin yang merequest harus menjalankan program klien RARP, sedangkan mesin yang merespons harus menjalankan program server RARP.

Sumber :

https://www.labwisnu.com/2018/04/pengertian-rarp-dan-cara-kerjanya.html?m=1
Suyanto,Herman asep.2004 jogja, pengenalan jaringan komputer

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Standarisasi Jaringan Wireless IEEE

Internet Control Message Protocol (ICMP)